Memilih Investasi yang Tepat

ratih | Selasa, 26 Mei 2015

Investasi - Setiap orang pasti akan ingin memiliki masa depan yang baik,tidak hanya untuk urusan kesehatan saja tetapi juga untuk masalah finansial. Karena itulah banyak yang menggunakan investasi sebagai cara untuk mendapatkan masa depan yang lebih baik. Namun banyaknya pilihan investasi sering membuat kita merasa bingung untuk memilih mana yang terbaik. Tentunya banyak orang yang menginginkan investasi dengan resiko paling kecil namun mendapatkan keuntungan besar.

Pada dasarnya semua investasi pasti memiliki resiko kecil maupun besar, dan biasanya akan berbanding lurus dengan keuntungan investasi yang akan di dapatkan. Semakin kecil resikonya, maka nilai keuntungan yang didapatkanpun akan semakin sedikit. Bagi seseorang yang memiliki modal terbatas biasanya akan lebih berhati-hati dalam memilih investasi yang ingin dimasukinya, apalagi jika investor tersebut termasuk ke dalam investor konservatif (Investor yang tidak berani mengambil resiko).

Memilih investasi tepat

Ada beberapa pilihan investasi yang dapat dipilih, yaitu:

 

  • Investasi Emas

 

Investasi ini termasuk low risk, karena harga emas yang cenderung akan terus naik, hal ini disebabkan suply dan demand dari barang tambang. Selain itu lebih likuid, dapat dicairkan kapanpun. Namun toko emas sering menutup informasi mengenai investasi ini, sementara jika mencari agen yang menawarkan jasa investasi emas ini seringkali buka keuntungan yang diterima tetapi justru kerugian akibat kasus penipuan yang dilakukan agen tersebut.

 

  • Investasi Properti

 

Investasi ini juga termasuk investasi yang aman, karena walaupun hanya di diamkan, harganya secara otomatis akan naik. Apalagi jika berada di lokasi yang bagus dan diminati. Selain itu, pada saat belum berencana di jual, rumah atau apartment ini dapat dimanfaatkan untuk disewakan, sehingga akan menghasilkan. Namun untuk berinvestasi ini di butuhkan modal yang cukup besar, dan kurang likuid karena kapan rumah akan laku terjual tidak ada kepastian.

 

  • Investasi Saham

 

Investasi ini termasuk yang memiliki resiko paling tinggi, dan tidak semua orang akan mau terjun di dalamnya. Pada umumnya modal awal yang di butuhkan cukup besar, dan jika investasi ini berhasil maka keuntungan yang di dapatkan akan tinggi. Namun jika kondisinya kurang menguntungkan, maka investor bisa mengalami kerugian cukup besar juga.

 

  • Investasi Asuransi

 

 

Beberapa orang yang kurang faham mengennai asuransi mulai banyak yang memilih asuransi jenis ini, karena keseluruhannya akan diatur dan dikelola oleh perusahaan asuransi. Selain itu investor juga mendapat perlindungan berupa asuransi jiwa, penyakit kritis dan asuransi kecelakaan. (Yv)



comments powered by Disqus