Tips Beli Emas Batangan untuk Investasi

ratih | Rabu, 24 Juni 2015

Investasi Emas merupakan produk investasi yang makin banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Invetasi emas sendiri memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan jenis investasi lainnya yang menjadi alasan mengapa investasi ini makin digemari. Misalnya saja keamanan dalam hal nilai emas yang biasanya akan selalu meningkat tiap tahunnya. Belum lagi kemudahan dalam pencairannya yang berguna bila sewaktu-waktu diperlukan. Ini tentu berbeda dengan beberapa jenis investasi lain yang kadang memerlukan waktu lama untuk pencairannya. Selain itu, agar lebih aman, Anda bisa menitipkannya di safety box atau deposit box di bank dengan biaya yang tidak mahal.

Akses untuk investasi emas pun saat ini makin mudah. Anda tidak perlu  lagi repot mengantri di kantor PT Aneka Tambang Tbk (Antam) untuk bisa membeli emas batangan. Kini, Anda bisa membeli emas batangan dari beberapa tempat, misalnya saja Pegadaian, dan bahkan melalui online. Anda bahkan bisa membeli emas dengan cara dicicil atau kredit.

Tertarik untuk mencoba berinvestasi emas? Berikut beberapa tips dalam membeli emas batangan, di antaranya:

Tujuan

Sebelum mulai menuju Antam atau Pegadaian, terlebih dahulu tetapkan apa tujuan dari investasi emas Anda. Apakah murni sebagai investasi jangka panjang, menengah, pendek,  atau sebagai jaminan keuangan. Tujuan investasi ini selanjutnya akan menentukan gaya invetsasi serta pembelian emas Anda. Tips beli emas

Cek harga emas

Harga emas selalu mengalami perubahan setiap harinya. Untuk mengetahui kisaran harga emas pada hari itu dengan mengeceknya langsung melalui online di halaman resmi Antam atau pegadaian. Segeralah beli saat harga sedang rendah atau turun.

Ukuran emas

Bila Anda memiliki uang cukup, sebaiknya belilah emas dalam ukuran yang besar, yakni di atas 50 gram. Emas batangan ukuran besar dipatok harga lebih murah dibandingkan dengan emas batangan dalam ukuran kecil. Ini adanya biaya cetak desain yang lebih rumit pada emas batangan ukuran kecil. Namun, bila ternyata dana Anda terbatas, maka tidak ada salahnya untuk membeli emas ukuran kecil terlebih dahulu sesuai dengan dana Anda, misalnya ukuran 5 atau gram, yang penting dilakukan secara rutin setiap kali Anda memiliki uang. Selain itu, emas ukuran kecil biasanya juga akan lebih mudah dijual kembali.

Tentukan tempat pembelian

Saat ini Anda bisa membeli emas tidak hanya melalui Antam, namun juga bisa melalui pedagaian dan online. Antam dan pegadaian sudah pasti aman dan terjamin, sementara melalui online Anda tentu harus berhati-hati.

Periksa kondisi emas

Saat membeli emas, periksa kembali kondis fisik emas tersebut. Pastikan bentuknya sempurna dan tidak ada cacat yang bisa merugikan Anda saat menjualnya kembali nanti.

Sertifikat

Pastikan Anda diberikan sertifikat yang menjamin keaslian emas batangan yang Anda beli tersebut. Sertifikat ini berisi keterangan berat serta kadar kemurnian emas batangan. Simpan baik-baik sertifikat ini agar aman dan memudahkan Anda saat hendak menjual emas batangan kembali.

 

Semoga beberapa tips tadi bisa membantu dan mempermudah Anda untuk membeli emas batangan sebagai investasi. (raw)



comments powered by Disqus