Tips Aman Belanja dengan Kartu Kredit

ratih | Selasa, 19 Mei 2015

Kemudahan berbelanja dengan kartu kredit kadang menimbulkan efek yang tidak baik bagi keuangan Anda. Kebiasaan belanja dengan kartu plastik ini tentunya harus sangat diperhatikan dan sebisa mungkin dikontrol dengan baik. Bila tidak, maka bisa saja tabungan Anda terkuras karena belanja yang tidak terkendali tersebut.  

Untuk menghindari hal tersebut, berikut beberapa tips dalam berbelanja dengan kartu kredit yang tidak hanya aman bagi kantong Anda namun juga aman dari tidak pencurian data kartu yang marak terjadi.

Tetapkan batas belanja

Kartu kredit memang memiliki limit atau batas pemakaian yang akan secara otomatis tidak bisa digunakan ketika limit ini tercapai. Masalahnya adalah kadang limit yang ada ini bisa lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan bayar Anda. Tidak sedikit pengguna kartu kredit yang terjebak dengan hutang dikarenakan tidak sanggup untuk melunasi tagihan kartunya. Untuk menghindari hal ini, selain bergantung pada limit dari kartu, tetapkanlah juga jumlah maksimal atau batas belanja Anda dengan kartu kredit ini. Misalnya saja limit kartu kredit Anda adalah 4 juta, maka coba batasi penggunaannya sekitar 1 atau 2 juta saja perbulannya, atau sekitar 1/3 dari pendapatan Anda dan pastikan untuk benar-benar mengikuti batas yang sudah Anda tetapkan ini.

Tips belanja dengan kartu kredit

Catat belanjaan kartu kredit

Catatlah setiap kali Anda menggunakan kartu untuk berbelanja. Sehingga Anda tahu dengan pasti sudah berapa banyak uang yang Anda keluarkan. Ingat, meski pada saat belanja Anda tidak mengeluarkan uang, namun pada akhir bulan Anda tetap harus melunasi belanjaan Anda tersebut.

Perhatikan tempat/toko Anda berbelanja

 

Penggunaan kartu kredit rentan dengan pencurian data, seperti yang pernah terjadi beberapa waktu lalu. Pencurian data ini tentunya sangat merugikan pemilik kartu. Untuk menghindarinya, berhati-hatilah dalam memilih toko atau retail saat belanja dengan kartu kredit. Pastikanlah toko tersebut memiliki mesin EDC sendiri dan tidak meminjam dari toko lain. Jangan lepas pandangan Anda saat kasir menggesek kartu kredit. Selain itu, jangan asal menggesek kartu kredit di sembarangan toko. Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI) memiliki beberapa daftar toko yang di blacklist karena terkait dengan sindikat pencurian dan pemalsuan data. Anda bisa melihat daftar tersebut untuk memastikan toko mana saja yang harus dihindari. (raw)



comments powered by Disqus