Inilah, Syarat Khusus Dapatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR)

ratih | Selasa, 17 Juli 2012

Kredit Usaha Rakyat (KUR) merupakan salah satu upaya nyata pemerintah dalam membantu pertumbuhan UMKM (usaha mikro kecil dan menengah) di Indonesia.  Dengan Kredit Usaha Rakyat ini, diharapkan para pelaku UMKM tidak lagi kesulitan dalam mencari bantuan permodalan demi membangun usahanya.

Untuk persyaratan dan ketentuan mengajukan KUR, pemerintah sengaja tidak mempersulitnya. Syarief Hasan, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop) mengungkapkan ada tiga poin penting dan syarat yang wajib dipenuhi calon peminjam KUR.

Syarat-syarat tersebut antara lain:

  1. Usaha yang dimiliki jelas. Maksudnya, usaha itu dinilai layak untuk mendapatkan pinjaman.
  2. Domisili pemilik usaha harus jelas.
  3. Pengembalian atau cicilan angsuran yang jelas.

Jika ketiga syarat utama itu telah terpenuhi oleh pelaku UMKM, maka Kredit Usaha Rakyat ini sudah pasti diberikan kepada pelaku UMKM. Apalagi pemerintah melalui bank-bank yang telah ditunjuk sebagai penyalur KUR telah menargetkan penyaluran Kredit Usaha Rakyat di tahun 2012 ini mencapai Rp30 triliun.

Sedangkan untuk jaminan, jika biasanya pengusaha wajib menyertakan jaminan kepada pihak bank sebagai persyaratan mengajukan kredit usaha, tidak begitu dengan KUR. Ini dikarenakan khusus untuk KUR, pelaku UMKM diberikan pilihan untuk mengambil KUR yang memakai jaminan atau tanpa memakai jaminan.

Untuk KUR yang memakai jaminan, nilai maksimal pinjaman adalah sebesar Rp500 juta. Sedangkan nilai KUR yang tidak menggunakan jaminan adalah minimal sebesar Rp20 juta.

 



comments powered by Disqus