Toyota Finance Tawarkan Kredit dengan Tenor 6 Tahun

ratih | Rabu, 17 April 2013

Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) diperkirakan akan berimbas berdampak pada bisnis kredit kendaraan bermotor, terutama kendaraan beroda empat.

Untuk mengantisipasi hal ini, perusahaan multifinance pun menyiapkan beberapa strategi. Seperti yang dilakukan oleh Toyota Astra Financial Service (TAF) yang menawarkan kredit kendaraan dengan tenor atau jangka waktu angsuran hingga enam tahun. Saat ini, tenor terpanjang kredit kendaraan yang ditawarkan adalah selama 5 tahun.

Dengan menambah masa jatuh tempo, cicilan kredit pun akan lebih murah sehingga diharapkan masyarakat masih berminat untuk membeli mobil melalui leasing. 

Dikutip dari Keuangan Kontan, Buntoro Muljono, Presiden Direktur TAF, mengatakan industri multifinance pada dasarnya mengikuti penjualan kendaraan. Belajar dari pengalaman sebelumnya, setiap terjadi kenaikan harga barang, pasar memilih untuk menahan diri selama setahun. Setelah itu, mereka baru kembali membeli kendaraan. Namun, TAF tetap melakukan antisipasi.

Menurutnya, pilihan yang ada pada manajemen hanya sebatas berkaitan dengan tenor, dan paket pembiayaan. sedangkan tingkat suku bunga cukup sulit untuk diutak-utik.

"Misalnya ditambah asuransi, cuma itu yang dapat dilakukan," jelas Kuntoro, seperti dikutip pada Keuangan Kontan, Kamis (18/04/13).

Sementara itu, Kurnadi Tandudjaja, Direktur TAF, mengatakan startegi memperpanjang tenor sudah diberlakukan sejak dua minggu lalu. Meski begitu, perpanjangan tenor ini baru berlaku untuk kredit mobil berpenumpang saja, seperti Innova dan Avanza.

Menurutnya, dengan jangka waktu kredit yang lebih panjang ini, memberikan nasabah pilihan untuk membeli.

Selain startegi perpanjangan tenor kredit, pihaknya juga berencana untuk menambah kantor perwakilan, guna mengimbangi jumlah dealer yang semakin banyak di daerah-daerah. Kota yang menjadi target TAF misalnya adalah Balikpapan, Banjarmasin, serta Depok.

Penambahan kantor wilayah ini diharapkan dapat menggerek pembiayaan dan meraih target pembiayaan pada tahun 2013 adalah Rp11 triliun.



comments powered by Disqus