3 Cara Pintar Memanfaatkan Kartu Kredit

ratih | Selasa, 16 Oktober 2012

Kartu kredit, tergantung bagaimana cara Anda menggunakannya, bisa membuat Anda terkena masalah namun juga dapat sangat membantu Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah tahu kapan waktu yang tepat untuk menggunakan kartu plastik ini.

Berikut adalah 3 cara pintar dalam memanfaatkan kartu kredit, seperti dilansir oleh Money Talk News, di antaranya:

  • Proteksi untuk pembelian barang-barang elektronik

Membeli barang elektronik seperti TV atau kulkas menggunakan kartu kredit membuat Anda memiliki keuntungan, yaitu seandainya barang tersebut rusak atau kinerjanya tidak sesuai dengan yang Anda harapkan, Anda bisa menunda pembayarannya dengan kartu kredit. Sementara itu, bank penerbit kartu kredit akan membantu Anda untuk mengatasi masalah yang Anda hadapai dengan toko yang menjual barang elektronik tersebut. Ini juga menjadi alasan mengapa kartu kredit merupakan cara pembayaran yang tepat untuk pembelian secara online.

  • Perpanjangan garansi

Beberapa kartu kredit menawarkan garansi tambahan untuk barang-barang yang Anda beli. Jadi, misalnya toko memberikan jaminan selama 3 tahun, kartu kredit bisa menambah waktu jaminan hingga 4 tahun. Manfaatkanlah fasilitas ini, terutama jika Anda membeli barang elektronik dengan harga yang mahal.

  • Membantu mengatur keuangan dengan lebih baik

Ketika Anda mendapatkan surat tagihan kartu kredit, Anda bisa melihat apa saja pengeluaran yang dilakukan dengan menggunakan kartu kredit. Dari surat tagihan kartu kredit ini Anda bisa melihat berapa banyak pengeluaran Anda untuk makanan, belanja baju, elektronik dan sebagainya. Sehingga, Anda bisa memilah-milah mana pengeluaran yang sebenarnya tidak perlu, sehingga dapat membantu menghemat pengeluaran Anda.



comments powered by Disqus