Perbanas: 2013, Suku Bunga Kredit Turun

ratih | Jum'at, 14 Desember 2012

 

Suku bunga kredit diprediksi akan mengalami penurunan pada tahun depan. Menurut Perhimpunan Bank Umum Nasional (Perbanas), penurunan ini didorong oleh efisiensi perbankan.

Ketua Perbanas, Sigit Pramono, dikutip dari laman Bisnis, mengungkapkan bank harus semakin efisien agar dapat bersaing di pasar. Ia mencontohkan, saat ini beberapa bank sudah mematok suku bunga kredit pemilikan rumah (KPR) di kisaran satu digit. Padahal, 20 tahun lalu suku bunga KPR rata-rata berada pada kisaran dua digit.

Sigit menambahkan, makin ketatnya aturan perbankan serta persaingan antar bank juga menjadi pemicu turunnya suku bunga kredit ini. 

"Mau tidak mau bunga kredit berangsur turun. Bank harus berebut debitur potensial, sehingga siap memangkas bunga pinjaman," ujarnya.

Selain itu, Perbanas juga memprediksi pertumbuhan penyaluran kredit pada tahun depan akan mencapai angka 24%. Dengan adanya tren penurunan suku bunga pinjaman, permintaan kredit berpotensi akan terus tumbuh. sementara itu, Bank Indonesia telah menetapakn untuk tetap mempertahankan suku bunga acuan atau BI Rate pada level 5,75%.

sumber: Bisnis.com

 



comments powered by Disqus