Mengenal Kartu Kredit MasterCard dan VISA

ratih | Senin, 14 Mei 2012

Bagi Anda pemegang kartu kredit pasti sudah tidak asing lagi dengan logo VISA atau MasterCard yang tertera di kartu Anda. VISA dan MasterCard adalah institusi penerbit kartu kredit di dunia. Kedua perusahaan inilah yang menalangi pembayaran dari transaksi-transaksi kartu kredit di dunia. Kedua jenis kartu kredit ini memiliki jaringan tersendiri dan bisa gunakan secara luas di seluruh dunia.

Perbedaan MasterCard dan VISA

Dari segi kegunaan keduanya tidak memiliki perbedaan, meskipun begitu tidak ada salahnya Anda mengenal kedua jenis kartu ini.

 

  • Perusahaan Penerbit Kartu

Kartu MasterCard dikeluarkan oleh MasterCard International yang bermarkas di New York, Amerika Serikat. Sedangkan Kartu jenis VISA dikeluarkan oleh VISA International. VISA sendiri merupakan kependekan dari Visa International Service Association yang bermarkas di California, Amerika Serikat.

 

  • Tempat penggunaan

Sebelumnya, kartu VISA hanya bisa digunakan di toko/merchant berlogo VISA, dan sebaliknya. Namun kini sebagian EDC (alat gesek kartu kredit) yang ada di pusat perbelanjaan telah bisa digunakan untuk keduanya.

 

  • Negara

Jika hanya untuk penggunaan dalam negeri maka keduanya tidak memiliki perbedaan. Namun untuk di luar negeri, MasterCard lebih banyak digunakan di daerah Eropa dan Amerika. Sedangkan VISA lebih popouler di daerah Asia.

 

 

  • Limit dan tagihan kartu

Tidak ada ada perbedaan untuk limit dan waktu tagihan kartu. Semua itu bergantung pada kebijakan masing-masing bank tempat Anda mengajukan kartu kredit. (RAW)



comments powered by Disqus