6 Hambatan Pertumbuhan Wirausaha di Indonesia

ratih | Selasa, 13 November 2012

 

Kegiatan wirausaha atau entrepreneur di Indonesia terus meningkat setiap tahunnya. Hal ini tidak lepas dari usaha pemerintah dan swasta yang terus mendorong kegiatan wirausaha dengan menggalakkan program pengembangan wirausaha nasional agar dapat bersaing dengan pihak asing. Bahkan Bank Indonesia berani menargetkan pertumbuhan wirausaha baru Indonesia pada tahun 2025 akan bertambah sebanyak lima juta orang.

Namun, upaya untuk mendorong pertumbuhan wirausaha Indonesia memang tidak selalu mudah dan tidak lepas dari hambatan. Sebagaimana diungkapkan oleh Wakil Presiden Budiono.

Berikut adalah 6 hal yang menjadi hambatan perkembangan bisnis Indonesia menurut Wapres Budiono, seperti dikutip dari laman Vivanews, yaitu:

  • Ketertiban dan penegakan hukum. Wilayah yang rawan dengan gangguan keamanan, termasuk pungutan liar di dalamnya, tentu akan membuat investor segan bahakn enggan untuk masuk ke daerah tersebut.

  • Stabilitas ekonomi makro. Kondisi ekonomi makro yang tidak stabil alias naik turun akan berdampak pada timbulnya spekulasi dan mempengaruhi produktivitas wirausaha Indonesia. Indonesia sendiri, menurut Budiono berhasil menjaga stabilitas ekonomi dengan menggunakan cara-cara konservatif.

  • Infrastruktur yang buruk. Buruknya infrastruktur akan berpengaruh pada naiknya biaya keseluruhan dalam bisnis.

  • Regulasi. Regulasi atau peraturan daerah yang baik adalah yang tidak menghambat pertumbuhan bisnis wirausaha. Sayangnya, Budiono menjelaskan, masih banyak ditemukan pertauran daerah yang justru menghambat pertumbuhan wirausaha di Indonesia.

  • Layanan perbankan yang belum menjangkau sektor informal. Layanan finansial dari perbankan merupakan salah satu faktor yang mendukung berjalannya bisnis. Untuk itu, Wapres meminta perbankan untuk menyediakan layanan finansial baik untuk bisnis besar maupun mikro.

  • Ketersediaan tenaga kerja yang terlatih. Hal ini merupakan keluhan yang paling sering dilontarkan oleh pengusaha industri menengah dan besar. 

Wapres menambahkan, untuk mengatasi keenam hambatan ini, perlu dibentuk suatu forum bersama guna memecahkan masalah ini.

 



comments powered by Disqus