Banting Harga, Strategi Penjualan Mobil Bekas Hadapi Mobil Murah

ratih | Senin, 12 November 2012

Rencana penerbitan regulasi mobil murah dan ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC) pada akhir tahun ini membuat sejumlah pelaku industri mobil bekas kini menggodok strategi khusus dalam memasarkan mobil bekas. Strategi ini dinilai diperlukan agar dapat bersaing dan meredam laju mobil murah.

startegi jitu itu salah satunya adalah dengan menurunkan harga mobil bekas, alias cuci gudang, seperti yang disampaikan oleh Senior Marketing Manager WTC Mangga dua --perusahaan pengelola mal mobil bekas di Jakarta Utara, Herjanto Kosasih.

"Sebenarnya dari kemarin IIMS 2012--mobil murah Agya-Ayla dipamerkan, sudah terlihat dampak penurunan mobil bekas meski tidak terlalu signifikan. Dan kini para pemilik dealer juga telah menurunkan harga mobil bekasnya," ungkap Herjanto seperti dikutip pada laman Vivanews, Jumat (09/11/12).

Meski terjadi penurunan, hadirnya mobil murah belum cukup untuk mengalahkan penjualan mobil bekas. Hal ini dikarenan selera konsumen Indonesia yang masih tinggi untuk mobil bekas, meskipun memiliki budget yang minim. Misalnya saja, Daihatsu Ceria yang sebelumnya telah hadir di pasar mobil murah Indonesia ternyata tidak mampu mengalahkan penjualan mobil Avanza dan Xenia yang berharga diatas Rp100 juta.

Selain itu, Herjanto menambahkan, tren konsumen Indoensia pada saat ini adalah tetap pada mobil dengan kapasitas banyak (7 penumpang). Sedangakan mobil murah saat ini kebanyakan berjenis city car, alias berkapasitas sedikit. Jadi bila mereka memiliki budget yang minim maka pilihan tentunya jatuh pada mobil bekas. 

Hal inilah yang membuat pengusaha mobil bekas masih tetap optimis dengan penjualan mobil bekas ini. 

"Saya yakin peminat mobil bekas cukup tinggi, terutama untuk jenis Multi Purpose Vehicle (MPV)," katanya.

saat ini para Agen Pemegang Merek (APM) tengah menyiapkan ancang-ancang untuk melakukan produksi mobil murah menyusul keputusan mengenai mobil LCGC yang rencananya akan dikeluarkan akhir tahun ini. Selain Toyota-Daihatsu yang telah lebih dahulu mengeluarkan duet mobil murah Agya-Ayla, Mitsubishi, Suzuki serta Honda juag dikabarkan akan menghadirkan mobil murah rancangannya.



comments powered by Disqus