Tambah Modal Usaha Lewat LPBD KUMKM? Ini Syaratnya!

ratih | Senin, 10 Desember 2012

Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (LPDB KUMKM) yang telah berjalan selama 4 tahun memang belum dikenal luas baik dari kalangan koperasi maupun pengusaha mikro di Indonesia. Hal ini dikarenakan kerja instansi yang cukup segmented. 

Padahal, kredit modal usaha melalui LPDB UMKM ini membebankan bunga yang lebih rendah dari pada kredit usaha dari perbankan. Bunga kredit usaha dari LPDB adalah sebesar 9% per tahun. 

Pembiayaan modal usaha LPDB KUMKM ini berasal dari dana bergulir yang disalurkan melalui koperasi. Dana bergulir sendiri adalah dana yang dialokasikan pemerintah untuk pengutan modal usaha bagi koperasi dan UMKM.

Pengusaha yang berhak untuk mendapatkan bantuan permodalan melalui LPDB KUMKM saat ini adalah pengusaha UMKM yang bergerak di sektor pertanian, perkebunan, perikanan, dan kerajinan tangan (industri kreatif). 

Besarnya pinjaman yang diberikan adalah sebesar Rp1 juta hingga Rp100 juta, dengan tenor 1 tahun ke atas. Sementara untuk batasan maksimal pinjaman dana bergulir masih belum memiliki aturan batas tenor.

Bagi pengusaha kecil atau UMKM yang beminta untuk mendapatkan bantuan pinjaman modal usaha, harus memenuhi persayaratan yang cukup mudah. Berikut adalah persyaratan yang harus dipenuhi, yakni:

  1. UMKM haru berumur minimal dua tahun,
  2. Memiliki prospek yang bagus, 
  3. Pemilik usaha adalah anggota koperasi,
  4. Menyertakan rekomendasi dari koperasi yang terafiliasi.

Jika persyaratan ini sudah terpenuhi, pengusaha mengumpulkan berkas persyaratan bersama dengan dokumen proposal peminjaman. Contoh dari proposal ini bisa didapatkan dengan cara mengunduh melalui situs LPDB KUMKM.

Selanjutnya, LPDB KUMKM akan mengirimkan tim on The Spot (TOS) untuk melakukan survei bila proposal Anda disetujui. Selain melakukan survei, TOS juga berperan sebagai pengawas penggunaan dana kredit usaha ini. Setelah pinjaman disetujui, debitur wajib datang ke kantor LPBD KUMKM. 

Proses pencairan dana pinjaman ini pun tidak lama, yaitu kurang lebih 15 hari. Sementara itu, angsuran pengembalian dana atau cicilan kredit bulanan dapat dibayarkan melalui koperasi yang terafiliasi.

Mudah bukan? Nah, silahkan manfaatkan fasilitas ini untuk mengembangkan usaha Anda. 



comments powered by Disqus