Oper Kredit Rumah KPR

ratih | Jum'at, 10 Februari 2012

Oper kredit rumah KPR adalah proses membeli rumah dengan cara pengalihan kredit dari pihak debitur awal ke pihak debitur baru. Jadi debitur awal menggantikan atau melanjutkan pembayaran angsuran debitur lama. Harga jual rumah dan sisa kredit yang dibayarkan didasarkan pada kesepakatan antara debitur awal dengan debitur baru.

Terdapat tiga pihak yang terlibat dalam proses oper kredit rumah ini. Pihak pertama adalah penjual yaitu debitur lama. Pihak kedua adalah pembeli yaitu debitur baru, dan pihak ketiga adalah bank atau lembaga keuangan sebagai pemberi kredit. Dalam proses ini, pihak pertama dan kedua sama-sama diuntungkan.

Pihak pertama diuntungkan dengan proses penggantian biaya pembayaran cicilan yang sudah dibayarkan meski tidak sepenuhnya. Sementara pihak kedua diuntungkan karena dapat memperoleh rumah dengan cara kredit dengan proses yang lebih cepat dan biaya yang relatif murah.

Selama masa pembayaran cicilan oper kredit hingga akhir pelunasan, sertifikat rumah akan masih atas nama pembeli pertama atau debitur lama. Setelah semua cicilan termasuk biaya administrasi lunas, pembeli baru bisa mengganti nama di sertifikat.

Bagaimana, Anda tertarik? (raw)



comments powered by Disqus