2013, Suku Bunga Kartu Kredit Maksimal 2,95%

ratih | Minggu, 9 Desember 2012

Bank Indonesia (BI) menetapkan batas suku bunga kartu kredit sebesar maksimal 2,95% per bulan atau 35,4% selama setahun. Aturan yang tercantum melaui Surat Edaran (SE) No 14/34/DASP akan mulai aktif diberlakukan pada Januari 2013.

Besaran bunga maksimal ini berlaku untuk transaksi pembelanjaan dan juga transaksi tarik tunai. Meski begitu, BI menegaskan, besaran suku bunga maksimal ini tidak permanen. Besaran ini masih bisa berubah bila terjadi pergeseran pada tiga indikator. Indikator tersebut adalah:

  1. Indokator Makro, seperti BI Rate,
  2. Struktur biaya yang meliputi bunga dana, operasioanl dan pengelolaan risiko, dan 
  3. Rata-rata bunga pasar.

Pembatasan bunga KK oleh BI ini didasarkan pada aspek perlindungan konsumen dan manajemen risiko kartu kredit. Sehingga, nasabah kini tidak perlu khawatir lagi akan bunga kartu kredit yang tinggi.

Sebelumnya, bank sentral juga telah lebih dulu mengeluarkan aturan yang mengatur ulang bisnis kartu kredit. Aturan ini mengatur pembatasan pemilikan kartu kredit, pemilik kartu kredit harus berpenghasialn Rp3 juta hingga Rp10 juta. Sedangkan plafon kartu ditetapkan maksimal sebesar tiga kali gaji pemegang kartu. sementara denda kartu maksimal sebesar Rp150.000. Aturan ini juga menetapkan cara penagihan kredit pada nasabah dengan tagihan macet.

Penetapan besaran bunga maksimal ini, dinilai akan berpengaruh pada pendapatan bungan dan non-bunga (fee based income) bank penerbit kartu. Saat ini, bunga kartu kredit yang berlaku berkisar pada 3% hingga 4%.

 



comments powered by Disqus